Pengertian dan Struktur Teks Rekaman Percobaan beserta Contohnya

Diposting pada

teks-rekaman-percobaan

Pengertian Teks Rekaman Percobaan

Teks Rekaman Percobaan adalah teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis, biasanya teks seperti ini di pakai untuk melakukan percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum.

Biasanya digunakan untuk melakukan percobaan, karya ilmiah, pembuatan sesuatu, dan lainnya. Teks ini ditulis berdasarkan rekaman data setelah pengamat selesai melakukan percobaan atau penelitian. Kegiatan penelitian ini digunakan untuk mendapat pengetahuan dalam bidang ilmu alam, sosial, atau psikologi. Teks ini disebut juga laporan percobaan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Proses Terbentuknya Pelangi


Struktur Teks Rekaman Percobaan

Struktur teks itu merupakan bagian-bagian yang menjadi bangunan teks rekaman percobaan. Struktur dalam teks tersebut terdiri atas empat bagian, yaitu:

  1. Tujuan serta alat dan bahan
  2. Langkah-langkah
  3. Hasil
  4. Simpulan

Sebenarnya struktur teks rekaman percobaan ini hampir sama dengan teks prosedur, hanya saja perbedaan antara kedua teks tersebut adalah pada teks prosedur tidak terdapat hasil dan simpulan yang ada pada teks rekaman percobaan tersebut.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pencemaran Udara Beserta Penyebab dan Dampaknya


Unsur Teks Rekaman Percobaan

Unsur kebahasaan atau ciri kebahasaan dalam teks rekaman percobaan hampir serupa dengan unsur kebahasaan dalam teks prosedur. Jika kamu masih ingat, unsur-unsur kebahasaan dalam teks prosedur, antara lain sinonim, antonim, dan kata bilangan. Begitu pula dengan teks rekaman percobaan, terdapat penggunaan kata bilangan atau numeralia.

Adapun ciri kebahasaan yang biasa digunakan dalam teks rekaman percobaan. Yaitu penggunaan:

  • Sinonim dan Antonim
  • Kalimat Kompleks/Kalimat Majemuk
  • Kata Hubung
  • Kata rujukan
  • Istilah teknis
  • Kalimat perintah
  • Kata bilangan

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Fungsi Hormon Auksin


Contoh Teks Rekaman Percobaan

Berikut akan saya berikan contoh teks rekaman percobaan beserta struktur nya agar sobat semua bisa lebih memahami contoh teks rekaman percobaan tersebut dengan lebih mudah.

Percobaan Membuat Teleskop Sederhana

Tujuan serta alat dan bahan

Supaya dapat mengamati benda-benda di langit, dibutuhkan alat canggih yang disebut dengan teleskop. Teleskop merupakan sebuah teropong besar yang digunakan di dalam astronomi. Ilmu ini mempelajari benda-benda di langit. Astronomi tidak bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahal dan berteknologi tinggi. Padahal, teleskop sederhana dapat dibuat dan pengamatan sederhana pun dapat juga dilakukan.

Untuk membuat teleskop sederhana, diperlukan bahan dan alat berikut:

  • Lensa objektif LUP (kaca pembesar)/lensa cembung praktikum (biasa dijual di toko alat laboratorium) bisa membeli dengan diameter 5 cm.
  • Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa) dengan panjang kira-kira 30 cm.
  • Perkakas seperti gergaji kecil dan lem perekat.
  • Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop) / bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.

Langkah-langkah

Adapun cara pembuatan teleskop adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan panjang badan teleskop dahulu. Dengan rumus fisika yang sudah kita ketahui yaitu : fob + fok = L.
  2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui.
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak didepan lensa okuler.pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa. Langkah-langkah
  4. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  5. Letakan lensa okuler di perlup nya Letakan lensa

Hasil

Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana sudah dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat. Teleskop sederhana dan murah ini dapat kamu gunakan untuk mengamati benda-benda yang jaraknya cukup jauh.

Simpulan

Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang canggih dan mahal. Kamu cukup menggunakan benda-benda yang mudah didapatkan. Sebelum melakukan pengamatan, ada baiknya kamu melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Jenis Vaksin Beserta Manfaatnya


Teks Rekaman Percobaan Dalam Laporan Praktikum

Dalam dunia ilmiah, tentu teks rekaman percobaan bukanlah hal asing lagi. Teks rekaman percobaan merupakan teks yang menceritakan mengenai percobaan yang di lakukan oleh penulis yang berisi mengenai tindakan karya ilmiah, praktikum atau pembuatan sesuatu.

Penyusunan teks rekaman percobaan sangat penting untuk di pahami baik oleh peneliti maupun oleh orang yang membacanya. Pada dasarnya, teks rekaman percobaan hampir sama dengan teks prosedur. Namun, terdapat sedikit perbedaan pada bagian hasil dan kesimpulan dimana pada bagian tersebut tidak di temukan pada teks prosedur.

Jadi, pada teks prosedur isinya hanya sekedar menyampaikan mengenai suatu proses tindakan atau kegiatan yang tidak perlu di lakukan dari awal sampai akhir. Sedangkan pada teks rekaman percobaan, hal yang di sampaikan sangat lengkap sampai pada bagian setelah hasil dan kesimpulannya.

  • Cara Membuat Baterai Alami Dari Kentang.

Baterai memang bisa dapat kita jumpai dengan mudah di toko-toko terdekat, akan tetapi pernahkah terbersit di pikiran anda untuk membuat baterai alami dengan memanfaatkan kentang?

Dibuatnya baterai kentang ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila energy baterai yang anda telah habis, saat mati lampu atau hanya untuk menambah pengetahuan kita.

Alat dan bahan yang di gunakan :

  1. Kentang
  2. Kebel
  3. Lempengan tembaga
  4. Lempengan seng
  5. Penjepit buaya

Langkah-langkah :

  1. Tancapkan lempengan tembaga dan seng pada kentang dengan jarak 1 cm.
  2. Jepit kabel pada setiap lempengan tersebut, dan hubungkan dengan lampu.
  3. Perhatikan lampu tersebut apakah menyala atau tidak. Jika belum menyala, anda bisa membaliknya.
  4. Apabila masih belum menyala, tambahkan kentang untuk menghasilkan arus listrik yang besar.

Hasil

Dengan adanya langkah pembuatan baterai alami ini, maka anda bisa membuat salah satu energy alternative yang bisa di gunakan pada situasi tertentu.

Kesimpulan

Lampu bisa menyala karena adanya arus listrik yang mengalir. Getah kentang akan mempengaruhi logam kimiawi seperti halnya larutan elektrolit dalam aki.

Membuat Taplak Meja Sederhana

Taplak meja biasanya di gunakan untuk menghias meja dan banyak anda jumpai di toko-toko dengan harga yang beragam. Daripada mengeluarkan biaya, anda bisa membuat taplak meja sederhana di rumah.

Tujuannya, supaya kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas sehingga lebih bermanfaat dan bernilai.

Alat dan bahan :

  1. Kain perca 1,5 meter
  2. Gunting, pensil dan kertas
  3. Benang dan jarum
  4. Jangka

Langkah-langkah :

  1. Buatlah pola dengan gambar pada kertas menggunakan jangka dengan diameter 8 cm, setelah itu di gunting.
  2. Tempelkan pada kain, lalu jiplak pola tersebut dan gunting kain perca. Ulangi sampai dengan 50 bulatan.
  3. Jahit pinggirannya, tarik dan kemudian tali.
  4. Rangkai bulatan satu dengan balutan lain dan bentuk pola taplak meja.
  5. Setelah terbentuk, jahit bulatan satu sama lain.
  6. Rapikan jahitan, dan taplak meja siap di gunakan.

Hasil

Jadilah taplak meja kreasi sendiri. Anda bisa meletakkan pada ruang tamu atau ruang makan.

Kesimpulan

Tidak sulit membuat taplak meja yang kreatif, akan tetapi anda harus ulet dan telaten. Sehingga keterampilan akan terus terlatih. Anda pun bisa menghemat biaya dan juga menambah kreatifitas.

sekian ulasan tentang Contoh Teks Rekaman Percobaan Dalam Laporan Praktikum semoga artikel dari ayoksinau.teknosentrik.com bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.