Pengolahan Struktur Dan Penyajian Data Dalam Komputer Lengkap

Diposting pada

struktur-dan-penyajian-data-komputer

Pengolahan Data Dengan Komputer

Definisi Data

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep

Definisi Informasi

Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

Sistem Komputer

Perangkat komputer bisa difungsikan harus secara komprehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerjasama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

  • HARDWARE
    Peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan. Contoh : Monitor, CPU, Keyboard, dan lainnya
  • SOFTWARE
    Suatu prosedur pengoperasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Contoh : Sistem Operasi Windows dan Linux, Bahasa Program Pascal dan visual basic, Paket Microsoft Office, dan lain sebagainya.
  • BRAINWARE
    Orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan

Jadi dapat disimpulkan bahwa definisi dari sistem komputer adalah kumpulan dari elemen- elemen komputer (Hardware, software, brainware) yang salin berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Sejarah dan Perkembangan Komputer dari Generasi ke generasi


Siklus Pengolahan Data

Sistem komputer dalam melakukan operasi pengolahan data terdiri dari tiga tahap dasar yaitu pemasukan data (input), pengolahan data (processing), dan mengeluarkan hasil (output). Untuk melangkah antara tahap satu ke tahap berikutnya pada perangkat keras yang digunakan (hardware), harus diperintahkan atau dikendalikan oleh pemakai atau pengguna (brainware), dengan menggunakan operasi atau perintah tertentu berupa perangkat lunak (software) pada komputer.

Tahap pengembangan dari pengolahan data dasar diatas yaitu ditambah dengan perangkat penyimpan data atau informasi (storage devices), dan dibentuk dengan model siklus pengolahan data (data processing cycle)

Siklus Pengolahan Data

  • Origination :
    Proses pengumpulan data yang berupa proses pencatatan data ke dokumen dasar
  • Input :
    Proses memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat input (input device)
  • Processing :
    Proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung,membandingkan, mengklasifikasikan,mengurutkan, mengendalikan, atau mencari di storage
  • Output :
    Proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device), yaitu berupa informasi.
  • Distribution :
    Proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Jaringan Komputer Beserta Jenis dan Manfaat


Struktur Dan Penyajian Data Komputer

Dapat juga disebut peringkat data (Hirarchy of data) atau konfigurasi data, dimana data tersebut terdiri dari karakter-karakter yang tersusun secara sistematik serta dirangkai satu dengan yang lainnya. sehingga memenuhi tujuan pengolahannya, pada pembahasan berikut akan dibicarakan pengolahan struktur dan penyajian data dalam komputer lengkap mulai dari bit sampai database.

BIT (BiNARI DIGIT)

Bit merupakan singkatan dari BiNARI DIGIT. Bit dimaksudkan untuk menyajikan kondisi ON/OFF dan i aliran (pulsa-pulsa) eiektronik inesin (komputer) yang diberi symbol “0” dan “1”. Jadi Bit merupakan unit terlecil dan data. Dan bit bit ini tidaklah selalu tetap jumlah digit dalam sistem komputer, tetapi tergantung dan i sitem komputer (dari pabrik pembuat komputer itu sendiri). Pada komputer APPLE II menggunakan 8 bit Sedangkan pada komputer keluaxga IBM menggunakan 16 bit Walaupun berbeda tetap dianggap bahwa bit merupakan unit terkecil dari data, hanya saja tidak bisa diberikan ketetapan untuk jumlah bit yang digunakan.

BYTE/CHARACTER

Byte sama dengan karakter, yaitu merupakan kumpulan dari bit. Yang disebut kharakter (aksara) seperti huruf A -Z, a -z, angka 0-9, blank(spasi), dan spesialkarakter (karakter khusus berupa simbol-simbol, seperti: !@#$^&*(* titik0 tanda petik (1″) dan lain sebagainya.

FIELD

Field merupakan kumpulan satu atau lebih byte (karakter) yang mempunyai makna.
Contoh:

  • Nama
  • Nomor pegawai
  • Alamat
  • Dan sebagainya

RECORD

Record merupakan kumpulan satu atau lebih field yang membentuk satu kesatuan.
Contoh:

FILE

File merupakan kumpulan satu atau lebih record -record yang mempunyai kesamaan logik (kesamaan stuktur file-nya ).

DATABASE

Merupakan kumpulan satu atau lebih file -file yang sailing berhubungan, yang menunjang suatu manajemen pengolahan data. Dalam suatu data kepegawaian di butuhkan beberapa file yang menunjang suatu pengolahan gaji pegawai, file -file tersebut seperti: File induk yang menyimpan data- data pribadi seorang pegawai, data jumlah jam kerja setiap pegawai, file hutang bagi pegawai yang memiliki hutang pada perusahaan dan lain -lain. Dimana file tersebut selalu interaktif (berhubungan) untuk setiap pengolahan gaji pegawai.

ORGANISASI FILE

Organisasi file merupakan suatu manajemen file yang dikelola dan diatur oleh sistem operasi (operating system).
Dalam organisasi file dibagi menjadi 3 macam yaitu:

  • Sequential
    Sequential artinya berurutan, maksudnya file yang terekam atau di baca berurutan dari awal sampai akhir. Pada saat perekaman (penulisan)data, tersusun berdasarkan urutan data yang dimasukkan atau dientry. Data yang dimasukkan pertama akan menempati posisi record pertama, data yang dimasukkan kedua akan menempati posisi record kedua dan seterusnya.
  • Random (access direct)
    Random artinya acak, Direct access yaitu dapat diaccess secara langsung. Memang dalam penggunaan organisasi file random (direct access) baik untuk membaca maupun penulisannya dapat dikatakan acak, tetapi berdasarkan nomor record yang harus seladu diberikan.
  • Index Sequential
    Organisasi file Index Sequential merupakan gabungan dari organisasi file sequential dan random. pada saat perekaman data pertama kali filedibentuk (create file) dengan cara sequential file dibentuk, dapat dilakukan secara sequential maupun random.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Macam-Macam Serangan Pada Komputer (LENGKAP)


Cara Kerja dari Sistem Komputer

Tahapan dari cara kerja sistem komputer adalah data yang telah didapatkan dan dikumpulkan dimasukkan oleh pemakai atau pengguna (brainware) pada perangkat input (input devices), kemudian dengan metode tertentu data yang di-input-kan diolah atau diproses oleh perangkat proses (process devices) dan selanjutnya dihasilkan informasi oleh perangkat keluaran (output devices).

Jadi pada dasarnya perangkat keras (hardware) komputer dibagi menjadi 3 perangkat utama yaitu input device, process devices, dan output devices.

Cara Kerja dari Sistem Komputer

Demikian artikel mengenai, Pengolahan Struktur Dan Penyajian Data Dalam Komputer Lengkap semoga artikel dari ayoksinau.teknosentrik.com ini bermanfaat.


Daftar Pustaka

  • D. Suryadi H.S, Pengenalan Komputer, Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma, Jakarta 1993
  • Time-Life, Hamparan Dunia Ilmu, Abad Komputer, PT. Tira Pustaka Jakarta, 2002
  • Abdul Kadir, Pengantar Sistem Informasi, Andi Offset, 2003