Pengertian dan Proses Metabolisme beserta Faktornya

Diposting pada

pengertian-Metabolisme

Pengertian Metabolisme

Metabolisme ialah pertukaran zat antara suatu sel atau suatu organisme secara keseluruhan dengan zat antara suatusel atau organisme secara keseluruhan dengan lingkungannya.Metabolisme ialah berasal dari kata Yunani yaitu “Metabole” ynisme hang ialah perubahan. Metabolisme kadang juga diartikan sebagai pertukaran zat antaara satu sel atau secara keseluruhan dengan lingkungannya. Salah satu aktivitas protoplasma yang penting adalah pembentukan sel baru yaituf dengan cara pembelahan. Sebelum sel akan melakukan pembelahan, maka protoplasma akan aktif mengumpulkan dan mensintesa karbohidrat, protein, lemak dan masih banyak lagi senyawa kompleks yang merupakan bagian dari protoplasma dan dinding sel. Bahan dasar untuk sintesa senyawa organic tersebut adalah unsure unsur aorganic yang diserap oleh akar dan juga gula yang dibentuk dari karbon dioksida dan air pada proses fotosintesa atau disebut(asimilasi karbon). bagaimana proses metabolisme.

Metabolisme adalah pertukaran zat antara suatu sel atau suatu organisme secara keseluruhan dengan zat antara suatusel atau organisme secara keseluruhan dengan lingkungannya.Metabolisme berasal dari kata Yunani“Metabole”  berarti perubahan. Metabolisme kadang juga diartikan pertukaran zat antara satu sel atau secara keseluruhan dengan lingkungannya. Salah satu aktivitas protoplasma yang penting adalah pembentukan sel baru dengan cara pembelahan. Sebelum sel melakukan pembelahan, maka protoplasma akan aktif mengumpulkan serta mensintesa karbohidrat, protein, lemak dan banyak lagi senyawa kompleks yang merupakan bagian dari protoplasma dan dinding sel. Bahan dasar untuk sintesa senyawa organic tersebut adalah unsur-unsur organic yang diserap oleh akar dan gula yang dibentuk dari karbon dioksida dan air pada proses fotosintesa (asimilasi karbon).

Metabolisme adalah segala proses reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh makhluk hidup, mulai makhluk hidup bersel satu hingga yang memiliki susunan tubuh kompleks seperti manusia. Dalam hal ini, makhluk hidup mendapat, mengubah dan memakai senyawa kimia dari sekitarnya untuk mempertahankan hidupnya. meliputi proses sintesis (anabolisme) dan penguraian (katabolisme) senyawa atau komponen dalam sel hidup. Semua reaksi metabolisme dikatalis oleh enzim. Hal lain yang Metabolisme  penting dalam metabollisme adalah perenannya dalam penawar racun atau detoksifikasi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Metabolisme


Proses metabolisme

Proses metabolisme yang terjadi didalam sel merupakan aktivitas yang sangat terkoordinasi, melibatkan kerjasama berbagai system enzim yang mengkatalis reaksi-reaksi secara bertahap dan memerlukan pengaturan metabolic untuk mengendalikan mekanisme reaaksinya. Bagi organisme hidup memiliki 3 fungsi spesifik, yaitu :

  1. Untuk memperoleh energi kimia dalam bentuk ATP dari hasil degradasi zat-zat makanan yang kaya energi yang berasal dari lingkungan.
  2. Untuk mengubah molekul zat-zat makanan (nutrisi) menjadi perkursor unit pembangun bagi biomolekul sel.
  3. Untuk menyusun unit-unit pembangun menjadi protein, asam nikleat, lipida, polisakarida, dan komponen sel lain. Untuk membentuk dan merombak biomolekul.

Proses metabolisme yang terjadi didalam sel adalah aktivitas yang sangat terkoordinasi, melibatkan kerjasama berbagai system enzim yang mengkatalis reaksi-reaksi secara bertahap dan memerlukan pengaturan metabolic guna mengendalikan mekanisme reaaksinya. Proses metabolism.

Bagi organisme hidup memiliki empat fungsi spesifik, diantaranya yaitu :

  • Untuk memendapatkan energi kimia dalam bentuk ATP dari hasil degradasi zat-zat makanan yang kaya dengan energi yang berasal dari lingkungan.
  • guna mengubah molekul zat-zat makanan (nutrisi) menjadi perkursor unit pembangun bagi biomolekul sel.
  • Guna menyusun unit-unit pembangun menjadi protein, polisakarida, lipida, asam nikleat, dan juga komponen sel lain. Untuk membentuk dan merombak biomolekul.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Macam Respirasi


Peran Metabolisme

Metabolisme berperan mengubah zat-zat makanan seperti: glukosa, asam amino,dan asam lemak menjadi senyawa-senyawa yang diperlukan untuk proseskehidupan seperti: sumber energi (ATP). Energi antara lain berguna untuk aktivitas otot, sekresi kelenjar, memelihara membran potensial sel saraf dan sel otot,sintesis substansi sel. Zat-zat lain yang berasal dari protein berguna untukpertumbuhan dan reparasi jaringan tubuh. Hasil metabolisme tersebut kemudiandimanfaatkan oleh tubuh untuk berbagai keperluan antara lain: sumber energi,menggangti jaringan yang rusak, pertumbuhan, dsb.Metabolisme adalah seluruh reaksi biokimiawi yang terjadi di dalam sel tubuhmakhluk hidup. Metabolisme dapat dibedakan menjadi 2 (dua) macam proses yaituanabolisme (penyusunan) dan katabolisme (penguraian). Anabolisme adalah

sintesis makromolekul seperti protein, polisakarida, dan asam nukleat dari bahanbahanyang kecil. Proses sintesis demikian tidak dapat berlangsung tanpa adanya masukan energi. Secara langsung atau tidak langsung, ATP merupakan sumber energi bagi semua aktifitas anabolik di dalam sel. Metabolisme memerlukan keberadaan enzim agar prosesnya berjalan cepat. Hasil proses metabolism berupa energi dan zat-zat lain yang diperlukan oleh tubuh.

Katabolisme adalah reaksi pemecahan/pembongkaran senyawa kimia kompleks yang mengandung energi tinggi menjadi senyawa sederhana yang mengandung energi lebih rendah. Tujuan utama katabolisme adalah untuk membebaskan energi (eksergonik) yang terkandung di dalam senyawa sumber; dan juga eksoterm. Bila pembongkaran suatu zat dalam lingkungan cukup oksigen (aerob) disebut proses respirasi, bila dalam lingkungan tanpa oksigen (anaerob) disebut fermentasi.

Peran Metabolisme


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Fungsi Hormon Etilen


Fungsi Metabolisme

Metabolisme merupakan proses yang menghasilkan energi didalam tubuh karena pada akhir oleh tiga prosesnya yaitu energi. Energi ini didapat pada perubahan suatu zat yang ada dalam makanan kemudian diolah dengan bantuan air dan enzim. Energi yang dihasilkan lalu akan dipakai oleh otot dalam menjalankan aktivitas-aktivitas seperti berpikir, berbicara dan berlari.
Fungsi metabolisme dalam tubuh adalah:

  1. Pengganti sel atau jaringan yang rusak.
  2. Respirasi jaringan pada tubuh.
  3. Pertumbuhan jaringan tubuh.
  4. Penyusun unit pembangun sel.
  5. Menghasilkan energi, dari perubahan zat-zat makanan yang ada pada tubuh.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Sistem Eksresi Pada Manusia dan Fungsinya Eksresi Pada Manusia


Faktor Mempengaruhi Difusi

Difusi ialah peristiwa mengalirnya atau berpindahnya sesuatu zat dalam pelarut dari bagian yang berkonsentrasi tinggi kebagian yang berkonsentrasi rendah. Perbedaan konsentrasi yang ada pada dua larutan disebut dengan gradien konsentrasi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi difusi diantaranya yaitu :

  1. Ukuran partikel. Semakin kecil suatu ukuran partikel, semakin cepat pula partikel itu akan bergerak sehingga kecepatan difusi semakin tinggi.
  2. Ketebalan membran. Semakin tebal nya membrane, semakin lambat pula kecepatan difusi.
  3. Luas suatu area. Semakin besar luas seatu area, maka semakin cepat pula kecepatan difusinya.
  4. Jarak. Semakin besar jarak antara dua konsentrasi, semakin lambat pula kecepatan difusinya.
  5. Suhu. Semakin tinggi suatu suhu, semakin cepat pula kecepatan difusinya.

Osmosis ialah perpindahan air melalui membrane permeable selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Membran semipermeabel bisa ditembus oleh pelarut, tetapi tidak boleh zat terlarut, yang akan mengakibatkan gradient tekanan sepanjang membran. Tekanan osmotic ialah sifat koligatif, yang berarti bahwa sifat ini bergantung pada konsentrasi zat terlarut dan juga bukan pada sifat zat terlarut itu sendiri.

Plasmolisis ialah dampak dari peristiwa osmosis. Plasmolisis hanya terjadi pada kondisi eksterm, dan ini jarang terjadi di alam. Biasanya terjadi secara sengaja di laboratorium dengan meletakkan sel di larutan bersalinitas tinggi atau larutan gula untuk menyebabkan ekosmosis, seringkali menggunakan tanaman Elodea atau sel epidermal bawang yang mempunyai pigmen warna sehingga proses dapat diamati dengan jelas. Demikian tulisan untuk Pengertian Metabolisme dan Proses Metabolisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.