Peranan Ilmu Alamiah Dan Teknologi beserta Dampaknya

Diposting pada

peranan-ilmu-alamiah-dan-teknologi

Pengertian Ilmu Alamiah dan Teknologi

Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja. Ilmu Alamiah murni memang tidak langsung mempunyai peranan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi anatara ilmu murni dan ilmu terapan (Teknologi) mempunyai hubungan yang erat. Dari konsep atau prinsip ilmu murni dapat dikembangkan dalam ilmu terapan, sebaliknya teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan dari penemuannya kepada prinsip atau hukum-hukum baru dan seterusnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya


Ilmu Alamiah Dasar

Ilmu Alamiah Dasar jika dipenggal berasal dari liga suku kala. Ilmu artinya bagian dari ilmu pengetahuan manusia. Alamiah artinya terjadi dengan sendirinya dan dasar artinya permulaan suatu bentuk. Istilah ini berasal dari Eropa Daratan (Belanda.Jerman.Inggris.dan Amerika). Yang mana istilah ini masuk ke indonesia pada zaman yang berbeda-beda. Ilmu alamiah dapat dilihat dalam arti luas dan dalam arti sempit. Dalam arti luas ilmu mencakup semua pengetahuan.

Ilmu alamiah dasar adalah merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi dalam manusia. Ilmu alamiah atau biasa disebut dengan ilmu pengetahuan (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta termasuk dimuka bumi ini. sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prisip- prinsip dasar yang esensial saja. Bagian-bagian dari Ilmu Alamiah Dasar meliputi penciptaan manusia yang telah diberikan akal unluk berllkir. lahimya ilmu alamiah, keterbatasan ilmu alamiah. pembagian ilmu pengetahuan dsb.

IAD merumuskan pemikiran yang selalu dilandasi oleh realisme, karena ilmu sains ini mepelajari tentang metode alamiah dan gejala alamiah sehingga lidak dapat terlepas dari objek yang mengaitkan panca indra. Jadi pengertian ilmu alamiah yang saya ketahui itu adalah pengetahuan dasar yang mempelajari alam semesta.dan dapat dikatakan sebagai konsep avval terbentuknya ilmu pengetahuan alam. Yang dapat dipelajarinya dengan cara metode-melode atau prinsip-prinsip yang lidak dapat lepas dari kenyataan (realitas).


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 3 Manfaat Mempelajari Biologi di Bidang Pertanian Lengkap


Metode Ilmiah

Metode berasal dari bahasa Yunani “Methodos” yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah . maka, melode menyangkut masalah cara kerja unluk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan.

Melode ilmiah atau proses ilniiah merupakan proses keilmuan unluk memperoleh pengelahuan secara sislematis berdasarkan bukli fisis. Ilmuwan melakukan pengamalan serla membentuk hipolesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibual berdasarkan hipolesis lersebul diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipolesis lolos uji berkali-kali, hipolesis lersebul dapal menjadi suatu teori ilmiah .

Kreteria Metode Ilmiah

  • Berdasarkan Fakta
    Keterangan-keterangan yang ingin diperoleh dalam penelilian. baik yang akan dikumpulkan dan yang dianalisa haruslah berdasarkan fakta-fakla yang nyata.
  • Bebas dari prasangka
    Metode ilmiah harus mempunyai sil’al bebas prasangka, bersih dan jauh dari perlimbangan subjektif. Menggunakan suatu fakta haruslah dengan alasan dan bukti yang lengkap dan dengan pembuktian yang objektif.
  • Menggunakan prinsip analisa
    Dalam memahami serta memberi arli terhadap fenomena yang kompleks, harus digunakan prinsip analisa. Semua masalah harus dicari sebab-musabab serta pemeeahannya dengan menggunakan analisa yang logis.
  • Menggunakan hipotesa
    Dalam metode ilmiah, Peneliti harus dituntun dalam proses berfikir dengan menggunakan analisa. Hipotesa harus ada untuk mengonggokkan persoalan serta memadu jalan pikiran kearah tujuan yang ingin dicapai sehingga hasil yang ingin diperoleh akan mengenai sasaran dengan tepat. Hipotesa merupakan pegangan yang khas dalam menuntun jalan pikiran peneliti.
  • Menggunakan ukuran obyektif
    Kerja penelitian dan analisa harus dinyatakan dengan ukuran yang objektif. Ukuran tidak boleh dengan merasa-rasa atau menuruti hati nurani.
  • Menggunakan tektik kuanlifikasi
    Dalam memperlakukan data ukuran kuantilatif yang lazim harus digunakan, kecuali unluk atribut-atribut yang lidak dapal dikuantifikasikan Ukuran-ukuran seperti ton. mm. per detik, ohm. kilogram, dan sebagainya harus selalu digunakan Jauhi ukuran-ukuran seperti: sejauh mala memandang, sehitam aspal. sejauh sebatang r*k*k, dan sebagai-nya Kuantilikasi yang termudah adalah dengan menggunakan ukuran nominal, rangking dan rating

Cara Memperoleh Pengetahuan

  • Metode Ilmiah
    Pengetahuan ilmiah adalah hasil serapan indra dan pemikiran rasional yang terbuka terhadap pengujian lebih lanjut menggunakan metode-metode ilmiah.
  • Metode Non-Ilmiah
    Pengetahuan non-ilmiah adalah hasil serapan indra terhadap pengalaman hidup sehari-hari yang tidak perlu dan tidak mungkin diuji kebenarannya. Sebenarnya memperoleh ilmu pengetahuan dapal diperoleh dari mana saja, namun yang harus diperhatikan adalah informasi tersebut termasuk pengetahuan yang ilmiah atau tidak.

Disini saya akan memberi contoh tentang proses terjadinya petir. Dalam sudut pandang pengetahuan ilmiah, petir merupakan gejala alam yang biasa kita analogikan dengan sebuah kapasitor raksasa, dimana lempengan pertama yaitu awan (bisa lempeng negatif atau positil*) dan lempeng kedua adalah bumi (biasanya dianggap netral).

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian lislrik yang bisa menyimpan energi sesaat. Petir juga bisa terjadi antara awan dengan awan, yaitu dimana salah salu awan bermutan negatif dan awan lainnya bermuatan positil’. Sebelum petir melepaskan energinya yang berupa loncatan bunga api disertai dengan guntur, ada beberapa tahapan yang terjadi. Petir terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dan bumi, atau dengan awan dan wan lainnya. Pertama-tama adalah pemampatan muatan listrik pada awan petir. muatan yang bertimpuk pada bagian alas awan biasanya bermutan positil’. dibagian tengah bermuatan negatif, dan dibagian bawah bermuatan negatif bercampur dengan muatan positif. Proses terjadinya muatan pada awan, karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan iainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (alas ataupun bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Pada bagian inilah biasa petir terjadi. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi. Setelah muatan listrik terlalu banyak, maka dia akan melepaskannya seketika yang diserlai dengan pijaran api dan ledakan. Pada proses pembuangan muatan, media yang dilalui elektron adalah udara.

Sedangkan dalam sudut pandang pengetahuan non-ilmiah, petir sering dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu tergantung darimana mitos itu berasal. Misalnya mitos yang berasal dari Yunani, mitos ini sudah cukup terkenal yaitu tentang Zeus. Zeus adalah seorang raja para dewa dan manusia oleh mitologi yunani. Zeus sering digambarkan oleh seniman Yunani dalam posisi berdiri dengan tangan memegang petir atau duduk di tahtanya. Adanya petir itu disebabkann karena Zeus yang sedang marah

Keunggulan Metode llmiah

  • Metode ilmiah lebih bisa dipertanggung jawabkan, dikarenakan adanya bukli-bukti yang konkret dan ada ukuran yang jelas.
  • Dapat dibuklikan dan dapat diamati langsung oleh alat indra pada manusia.
  • Dapat dijadikan satuan atau tolok ukur untuk penelitian-penelitian selanjutnya, bila tidak terdapat kesalahan.
  • Mengajarkan pada manusia untuk menatap realita dan segala sesuatu yang ada.
  • Operasional, dapat di gunakan dan di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Logis, karena dapat di buktikan oleh semua orang.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Ruang Lingkup Geografi beserta Prinsipnya


Peranan ilmu alamiah dan teknologi

Dalam kehidupan manusia saati ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan ilmu terapannya berupa teknologi dalam berbagai bidang, contohnya sejak dalam masa kehamilan, manusia sudah mendapat perawatan khusus secara medis melalui pemeriksaan berkala di tempat-tempat pelayanan kesehatan lalu mendapat vaksinasi untuk mendapatkan kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit. Dan jika terindikasi penyakit maka akan diberikan obat oleh dokter ataupun bidan. Ilmu kedokteran merupakan ilmu terapan dari ilmu Biologi begitu juga handphone, pakaian, kendaraan merupakan hasil dari teknologi. Ilmu alamiah murni memang tidak lagsung mempunyai peranan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi antara ilmu  murni dengan ilmu terapan  memiliki  kaitan yang cukup dekat. Dari konsep atau prinsip ilmu murni dapat dikembangkan menjadi ilmu terapan. Begitupun sebaliknya teknologi atau ilmu terapan memberikan memberikan sumbangan penemuan-penemuannya kepada prinsip atau hukum-hukum baru dan seterusnya.

Memang pada awalnya diantara ilmu alamiah dan ilmu terapan  itu tidak selalu memiliki hubungan, misalnya dulu manusia membuat kapal sebagai kebutuhan dan belum meggunakan ilmu terapan atau teknologi dalam membuat kapal. Namun pada waktu yang secanggih ini ketikaseseorang ingin membuat kapal orang harus menguasai beberapa ilmu yakni ; ilmu murni, konstruksi baja, hokum Archimedes dan lain-lain. Agar kapal terbentuk secara baikdan dapat mengapung di lautan yang luas.

Peranan dan dampak yang di timbulkan dari ilmu alamiah dan teknologi atau Ilmu terapan akan coba disajikan oleh ayoksinau.teknosentrik.com secara singkat dan jelas sebagai berikut ;

Peranan Secara Materi

Bahwasannya telah diartikan bahwa manusia dalam kehidupan ini memerlukan yang namanya materi yang berasal dari biotis ataupun nonbiotis. Materi biotis biasanya didapat dari benda yang hidup seperti protein, sedangkan materi yang berasal dari nonbiotis yakni oksigen dan benda-benda yang dipakai sehari-hari. Benda-benda tersebut merupakan olahan dengan menggunakan teknologi contohnya materi dari zat besi dapat menjadi peralatan kendaraan ataupun benda yang lainnya.

Peranan Secara Energi

Di zaman yang modern ini, manusia menggunakan energi yang sangat banyak. Mulai dari alat transportasi maupun industri menggunakan energi dan tak tertinggal juga rumah tangga yang membutuhkan banyak sekali energi dalam kesehariannya, diantaranya kulkas, kompor,  AC, setrika, dan lain-lain. Energi tersebut berwujud dalam bermacam bentuk yakni seperti bentuk gerak, panas, kimia, cahaya dan sebaginya, energi juga dapat berubah bentuk. Seperti energi panas yang dapat berubah menjadi energi mekanik yang dicontohkan air menjadi uap atau contoh lainya energi kimia bisa berubah menjadi energi cahaya yang biasanya kita lihat di lampu yang mengeluarkan cahaya dari energi baterai yang merupakan olahan bahan kimia.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kuantum Dalam Dunia Fisika


Dampak ilmu alamiah dan teknologi

Dampak yang muncul dari ilmu alamiah dan teknologi yang sudah dikembangkan oleh manusia pada saat ini adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan sehingga terlihat lebih praktis dan sangat menyenangkan tetapi malah menimbulkan dampak negatif karena memiliki efek samping yang bisa saja membawa bencana bagi manusia itu sendiri. Maka dari itu manusia selalu melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu alamiah dan teknologi agar dampak negatif dari ilmu alamiah dan teknologi dapat diatasi walaupun sudah ada beberapa dampak yang dapat kita lihat, diantaranya :

  1. Dampak tehadap kebutuhan pokok
  2. Dampak terhadap SDA (Sumber Daya Alam)
  3. Dampak terhadap industri
  4. Dampak terhadap alat transportasi dan alat komunikasi

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan Faktor Angin beserta Proses Terjadinya


Contoh Ilmu Alamiah dan Teknologi

Dampak teknologi dan ilmu alamiah terhadap kelangsungan hidup manusia meliputi hampir semua aspek kehidupan Contohnya : Sandang, Papan dan Pangan, Teknologi dan ilmu alamiah tidak hanya meningkatkan kualitas tetapi juga kuantitas sandang dan papan, sementara untuk pangan teknologi dan ilmu alamiah dapat meningkatkan produksi dengan diciptakannya Bibit Unggul yang berumur singkat dengan produksi yang tinggi, terhadap sumber daya alam, kemajuan teknologi memberikan sumbangan dalam mencari alternatif lain, pengganti sumber energi, yang semakin terbatas jumlanya.

Di semua bidang Industri, teknologi dan ilmu alamiah memiliki peran yang sangat besar meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak dampak negatif yang ditimbulkannya.

Dalam bidang kesehatan pun teknologi sudah sangat berperan dalam menyembuhkan, mengobati bahkan mencegah berkembangnya suatu penyakit sementara itu, dampak negatifnya dapat berupa penyempitan lapangan pekerjaan merusak lingkungan, terutama untuk teknologi Nuklir atau teknologi yang menggunakan zat Radioaktif serta juga menimbulkan beberapa penyakit baru yang sulit diobati dan berbahaya.

Ilmu alamiah dan teknologi memiliki banyak dampak positif maupun negatif bagi kelangsungan hidup manusia. Beberapa dampak positifnya adalah maningkatkan kemakmuran, misalnya dengan teknologi modern dapat diperoleh bahan dasar untuk keperluan industri, mendapatkan bibit unggul memangaatkan hutan sesuai dengan jenis dan fungsinya, Mempermudah menghitung, berkomunikasi, transportasi dan sebagainya.

Contoh kasus dampak positif teknologi adalah sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs di web) para pengguna internet diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah .

Demikianlah penjelasan ayoksinau.teknosentrik.com mengenai Peranan Dan Dampak Dari Ilmu Alamiah Dan Teknologi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.