Cara dan Metode Cepat Menghafal Perkalian

Diposting pada

cara-menghafal-perkalian

Dasar Perkalian

Dalam mempelajari cara cepar menghafal perkalian, kamu harus memahami konsep dasar dari perkalian tersebut. Jika baru pertama kali belajar, kamu bisa memahami perkalian melalui bentuk penjumlahan, contohnya 5×4 sama dengan 5+5+5+5.

Siapkan grafik angka yang memperlihatkan angka 0 sampai 100. Grafik ini akan memberitahu kamu jawaban sebuah perkalian dengan menghubungkan baris dan kolomnya. Selain itu, menemukan angka pada grafik ini jauh lebih mudah. Menggunakan grafik angka ini juga tidak hanya lebih mudah juga dapat dikreasikan sesuai dengan kesukaan. Kamu juga bisa memberi variasi warna pada tabel sesuai dengan perkaliannya, misalnya mewarnai kuning untuk perkalian 5 saja.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 10 Tips Belajar Yang Baik Dan Benar


Tips Pola belajar Perkalian

Memahami sifat komutatif akan semakin mempermudah kamu dalam cara cepat menghafal perkalian. Banyak jawaban dari perkalian yang diulang. Jadi, kamu sebenarnya hanya perlu mempelajari setengah dari tabel perkalian tersebut. Contohnya 2×8 hasilnya akan sama dengan 8×2.

Ada juga pola-pola khusus pada tiap perkalian, sebagai salah satu cara cepat menghafal perkalian. Beberapa perkalian punya karakteristik khusus yang bisa kamu ingat dengan mudah. Berikut beberapa pola tersebut:

  • Semua hasil perkalian 10 diakhiri dengan angka nol.
  • Semua hasil perkalian lima diakhiri dengan angka lima atau nol, dan selalu bernilai setengah dari perkalian 10 (10×5=50, berarti 5×5=25, atau setengah dari 50).
  • Hasil perkalian dengan nol hasilnya selalu nol. (0x1=0 atau 0x7=0).

Dengan memahami dasar dan pola-pola perkalian ini, kamu akan dapat memahami cara cepat menghafal perkalian. Tentunya jika kamu menghafal hanya menghafal saja, hal tersebut tidak akan bertahan di otakmu. Jika kamu paham, maka kamu akan lebih mudah menerapkannya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Metode Pembelajaran Yang Baik


7 Cara Cepat Menghafal Perkalian

Cara cepat menghafal perkalian, pertama kali yang perlu dipahami adalah pengetahuan perkalian. Perkalian yaitu operasi matematika penskalaan satu bilangan dengan bilangan lainnya. Operasi ini merupakan salah satu operasi dari empat dasar operasi di dalam aritmetika dasar seperti penjumlahan, pengurangan dan pembagian.  Namun masih banyak anak-anak yang kurang konsentrasi dapat cepat menghafal perkalian. Hal ini tentunya mengkhawatirkan bagi para orang tua. Oleh karena itu dengan memahami cara cepat menghafal perkalian maka hal ini akan membantu para orang tua untuk membantu belajar anak-anak mereka.

Biasanya yang masih sering menghafal perkalian yaitu anak-anak sekolah dasar. Karena perkalian itu merupakan dasar dari pelajaran matematika. Setiap anak dididik untuk dapat bisa menghafal perkalian dengan mudah. Siapa yang menyangka bahwa ada beberapa cara cepat menghafal perkalian seperti berikut ini :

Cara pertama

Cara cepat menghafal perkalian dengan menggunakan tabel perkalian. Mungkin tidak asing lagi jika membahas tabel perkalian karena sejak kecil pasti pernah mendapatkan tabel perkalian entah itu dari orang tua maupun guru di sekolah. Tabel perkalian akan memberikan kemudahan dalam menghafal perkalian dari bilangan 1 hingga bilangan 100.

Cara kedua

Cara cepat menghafal perkalian dengan contoh perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan konsep yang benar. Misalnya 4 x 5 sama dengan 20, maka yang diulang adalah angka yang belakang yaitu angka 5.

Cara ketiga

Cara cepat menghafal perkalian dengan mengajarkan hafalan perkalian 1 – 10 dengan hasil 1 – 100 secara mudah dan benar. Dengan melatih anak menghafal perkalian dari dasar maka anak akan lebih mudah menghafalnya daripada harus memulai menghafal dari yang sulit

Cara keempat

Cara cepat menghafal perkalian dengan membuat jadwal belajar. Pada saat anak akan memulai belajar dampingilah anak belajar agar anak lebih bersemangat. Dengan jadwal belajar anak juga akan lebih teratur dalam belajar. Cukup luangkan waktu selama 30 menit untuk membantu anak menghafal perkalian.

Cara kelima

Cara cepat menghafal perkalian dengan mengajari dasar-dasar perkalian. Lakukan pemberian pemahaman materi tentang perkalian. Konsep ini akan membantu anak mengetahui mengapa harus menghafal perkalian. Anak akan lebih mudah memahami perkalian dengan jelas jika yang membantunya belajar adalah orang terdekatnya.

Cara keenam

Cara cepat menghafal perkalian selanjutnya yaitu mengajari anak bagaimana sifat komutatif akan mempermudah semuanya. Pada hafalan tabel terdapat perkalian yang berulang oleh karena itu hanya perlu mempelajari setengah dari tabel karena seperti misalnya 3×7 hasilnya akan sama dengan 7×3.

Cara ketujuh

Cara cepat menghafal perkalian dengan mengajari pola-pola khusus pada perkalian. Beberapa perkalian memiliki karakteristik khusus yang bisa diingat dengan mudah. Contohnya perkalian nol pasti hasilnya akan nol, perkalian 10 akan diakhiri dengan angka nol, dan semua hasil perkalian lima diakhiri dengan angka lima atau nol.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah [WAJIB BACA]


Metode Menghapal Perkalian

Dalam mengajarkan perkalian kepada siswa kita tidak harus mengajarkan perkalian secara berurutan mulai dari perkalian 1, 2, 3, 4 …… sampai 10. Sebaiknya kita memulai dari yang termudah. Perkalian 1 lalu 10 siswa akan lebih mudah dan cepat menghapalnya karena perkalian dengan angka 1 dan 10 hasilnya membentuk pola angka yang sama.

(perlu diingatkan penanaman konsep pada siswa dalam mengajarkan perkalian bahwa
1 x 2 itu berbeda dengan 2 x 1, dimana 1 x 2 berarti ada 1 duanya (2), sedangkan 2 x 1 berarti ada dua satunya (1+1) sehingga tidak menjadi suatu polemik dalam berhitung nantinya. Tapi 1 x 2 dan 2 x 1 akan memberikan hasil yang sama yaitu 2)

Sedangkan untuk perkalian 9 merupakan langkah 3 yang harus kita berikan. Beberapa siswa umumnya kesulitan dalam menghapalkan perkalian 9. INGAT KEMBALI PENJUMLAHAN 10 Pada postingan terdahulu akan sangat membantu dalam berlatih perkalian 9. Sama dengan perkalian 1 dan 10 perkalian 9 juga membentuk pola yang mudah untuk di ingat dalam otak mereka bahwa perkalian sembilan berarti di KURANG SATU LALU KAWANNYA, misalkan 9 x 4 berarti 4 – 1 berapa? (3) kawannya 4 berapa ? (6) jadi 36. dan seterusnya. Metode dengan jari boleh tapi sebagai pembuktian saja jangan dilakukan untuk waktu yang lama. Ingatlah bahwa kita sudah mengajarkan ANGKA pada siswa berarti kita sudah memberikasn suatu bentuk yang abstrak kepada otak mereka tentang jumlah. (Pelajaran TK dan awal-awal kelas satu). Dengan mengajarkan penggunaan jari tentunya kita membawa kembali bentuk yang abstrak ke bentuk nyata. Bukankah ini suatu langkah yang menghambat kemajuan siswa untuk hapal perkalian pada akhirnya.

Tidak sulit mengajarkan perkalian pada siswa setelah memberikan konsep pada mereka bahwa jika bilangan dikali 2 berarti ditambah bilangan yang sama 2 x 3 berarti 2 kali tiganya ( 3 + 3) jika siswa sudah hapal penjumlahan 1 angka tentu mudah kita mengajarkannya bukan ???. Untuk itu saya mengharapkan sebelum naik ke kelas 2 siswa memiliki kematangan dalam penjumlahan atau sebaiknya diberikan waktu tambahan pada semester 1 kelas 2 sebelum kita mengajarkan perkalian di semester 2 kelas 2 SD. Pastikan kembali kemampuan penjumlahan yang mereka miliki.

Perkalian dengan angka lima membentuk pola angka akhiran yang mudah di ingat kalau tidak 0 ya angka 5. Bisa di mulai dengan mengunakan tangan 10 x 5 berati ada 5 pasang jari (Tepuk Tangan) berarti 50 hasilnya sedangkan 5 x 7 berarti ada 3 jari berpasangan 30 dan 1 jari tidak berpasangan berarti 5 sehingga 35. Sekali lagi penggunaan alat bantu tangan ini hanya sementara setelah mereka mengenal bilangan ganjil dan genap ajarkan kembali bahwa jika bilangan genap dikali 5 pasti angka satuannya 0 dan jika bilangan ganjil di kali 5 pasti angka satuannya 5.

Setelah siswa menguasai perkalian 1,10. 9, 2, dan 5 maka kita dapat memulai kembali pelajaran berhitung perkalian selanjutnya.

Pada perkalian 3 dan empat, diperlukan kempuan perkalian 2. Seperti kita ketahui bahwa 3 adalah (2 +1) dan 4 dapat di artikan (2+2). sehungga suatu bilangan dikalikan dengan 3 berarti dikaliakan 2 lalu ditambah bilangan itu sendiri. Misalkan 3 x 4 kita dapat menentukan hasil perkalian tersebut
3 x 4 = (2 x 4) + 4 = 8 + 4 = 12.

Sedangan mengakali bilangan dengan angka 4 berarti bilangan tersebut dikali 2 lalu ditambah hasi kali dari perkalian tersebut Misalkan 4 x 6 berarti (2 x6) + (2 x6) <–> 12 + 12 = 24

Kita dapat mengetahui apakah siswa sudah memiliki kematangan dalam berhitung perkalian dengan memberikan pertanyaan perkalian 6, 7 dan 8. Terdapat kecendrungan mereka menemui kesulitan dalam menghapal perkalian tersebut. Seperti halnya perkalian 3 dan 4 yang dipelajari dengan pendekatan perkalian 2, perkalian 6, 7 dan 8 juga dapat diajarkan melalui pendekatan perkalian 5. pada penjumlahan 6 = (5 +1), 7 = (5 + 2) dan 8 = (5 + 3).

misalkan 6 x 7 berarti (7 x 5) + (7 x 1) <—> 35 + 7 = 42. atau (6 x 5) + (6 x 2) <—-> 30 + 12 = 42

untuk dapat menghapal perkalian tersebut diharapkan siswa harus sudah menguasai perkalian sebelumnya sehingga dihapkan tidak mengalami kesulitan dalam mempelajarinya.

Pendekatan dengan menggunakan jari boleh-boleh saja dilakukan. Yang perlu ditekankan hanyalah batasan waktu yang harus diperjelas. Ketika sudah naik kelas 3 siswa penggunaan jari harus dikurangi bahkan dihilangkan sebagai proses latihan menghapal.

Saya lebih suka menggunakan vedic system sebagai arternatif jika beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam perkalian 6, 7, dan 8 yang menggunakan basis 10.

Dalam ilmu berhitung saat ini terkenal beberapa cara berhitung vedic dengan sytem vedicnya, Bill Handley dengan SPEED MATH, Athur Benyamin dengan Mental Math. Saya mengkombinasikan cara berhitung mereka dan menyesuaikan pemikiran-pemikiran tersebut dengan lebih menekankan fungsi dan cara kerja otak dalam berhitung

Demikian informasi cara cepat menghafal perkalian yang dapat dipelajari dari ayoksinau.teknosentrik.com . Tentunya dukungan orang di sekitar akan lebih mudah membantu anak untuk menghafal.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.